Ekskul KIR SMAN 1 Tarakan kembali berprestasi : Menjadi Finalis ISPO

Ekskul KIR SMAN 1 Tarakan kembali berprestasi : Menjadi Finalis ISPO

Ekskul KIR SMAN 1 Tarakan kembali berprestasi : Menjadi Finalis ISPO

Siswa/i SMA Negeri 1 Tarakan kembali menjadi pusat perhatian karena prestasi yang telah diraih oleh mereka. Kegiatan yang diikuti oleh siswa/i SMAN 1 Tarakan adalah kegiatan perlombaan "Indonesia science Project Olympiyad Tahun 2018" di Jakarta. Ini merupakan kegiatan rutin yang biasa diikuti oleh siswa/i dari Ekstrakulikuler KIR SMAN1 Tarakan.

Sebanyak 4 TIM di Kategori Bidang Perlombaan *Biologi, Teknologi, Komputer* dengan rincian dan hasil perolehan sebagai berikut :

Kelas XI
*Silver Medal ISPO 2018* Bidang Biologi
1. Novita Aida Dahlia
XI IPA 4
2. Andrew Januar Willyanto
XI IPA 1
Judul :
"Pengaruh Zat Ekstraktif Buah Perepat Bakau (Sonneratia alba Smith.) Sebagai Anti Rayap Alami Terhadap Rayap Tanah (Coptotermes Curvinagtus Holmgren.) Dalam Upaya Pengendalian Serangan Rayap"

Kelas XI
*Gold Medal ISPO 2018* Bidang Komputer
1. Ari Pardomuan M
XI IPA 3
2. Henry Hoyono
XI IPA 4
"TRAION-SPOT : Trafic Safety With Interface Visualisation of Blackspot"

*Finalis ISPO 2018*
Bidang Teknologi a.n
1. Ziza As Shifa
XI IPA 4
2. Fito Satria Fitra Ardana
X IPA 1
Judul :
"LPG LD-MS : LPG Leakage Detector and Monitoring System"

*Finalis ISPO 2018*
Bidang Biologi a.n
1. Sumardi
XII IPA 1
2. Muhammad Khoirul M
XII IPA 4
Judul :
"Analisis Proksimat Yoghurt Youville Iggura (Inovasi Yoghurt dengan Kombinasi Gula Hidrolisis Rumput Laut (Spinifex Littoreus) dan Ekstrak Bougenville (Bougainvilliea Spectabilis)) Sebagai Diversifikasi Pangan Bagi Penderita Diabetes Mellitus Tipe II"

Peraih Gold Medal Bidang Computer berkesempatan untuk kegiatan lanjutan di Ajang Science Tk Internasional yaitu di *Ajang INFORMATRIX, Rumania*
a.n :
1. Ari Pardomuan Manurung
2. Henry Hoyono

Sementara untuk Peraih Silver Medal Bidang Biologi berkesempatan untuk berlaga di ajang di Ajang Science Tk Internasional yaitu di *Ajang GENIUS, USA Amerika Serikat*
a.n
1. Novita Aida Dahlia
2. Andrew Januar Willyanto

Mereka akan membawa nama SMAN1 ke ranah Internasional, dalam hal ini mereka menyiapkan banyak persiapan seperti presentasi, pameran, banner, dan sebagainya. Selain mempersiapkan itu, mereka juga mempersiapkan diri dengan banyak berlatih. Meskipun mereka menjadi pemenang tidak semata-mata mereka merasa senang tapi mereka juga merasakan gugup dan takut karena akan bersaing di ranah internasional, Tapi semua itu tidak menjadi penghalang untuk mereka tetap maju karena mendapat banyak dukungan dari orang terdekat seperti orangtua, guru, teman, Dan tentunya pada pembina mereka yaitu Pak Ade Kuswara, juga tak luput dari Tuhan yang Maha Esa. Perjuangan mereka sangat berat menjadi perserta lalu menjadi finalis dan akhirnya menjadi pemenang, semua itu mereka lewati dengan penuh kerja keras meskipun banyak halangan seperti :
Izin orang tua, Biaya, Cara presentasi dan sebagainya
Tentang mereka akan berangkat lagi belum dikonfirmasi oleh panitia.
Salah satu finalis yang bernama Ari bisa mencapai ke ranah internasional karena mempunyai kerja keras dan sebuah prinsip yaitu "Saat orang lain yang masih tidur bangunlah. Saat orang lain baru bangun kamu sudah kerja dan saat orang lain mulai kerja kamu sudah diatas" Tentunya ini menjadi motivasi untuk kita semua. Ari juga berpesan untuk anak muda lainya Jangan pernah berhenti mencoba membuat inovasi yang baru, yang tentunya Akan bermanfaat bagi banyak orang

Berikut merupakan beberapa foto mereka.